-->
 

Ethnography Design Workshop 2009

Bulan Maret kemarin saya dapat undangan ke UGM, Jogja, untuk kedua kalinya menjadi pembicara di acara tahunan, EDW (Ethnography Design Workshop) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UGM. Jika tahun lalu, sponsornya adalah Toyota, yang sekarang adalah Epson. Walaupun ini dua perusahaan yang nature produknya lain banget, tapi asal perusahaannya sama-sama dari Jepang. Tahun ini dari sponsor serius banget, orang nomer 1 nya juga ikut hadir (orang Jepang dong tentunya).

Cuplikan dari  website resmi EDW

Pada EDW 2008 lebih menekankan pada pengenalan etnografi kepada para   perserta. Mereka diberikan pengertian apa itu etnografi dan bagaimana menilai suatu produk, apakah sudah memiliki unsur etnografi atau belum dengan melakukan pengamatan terhadap suatu produk yang ada dipasaran.

Sedangkan pada EDW 2009 para perserta akan dijelaskan bagaimana mengaplikasikan etnografi didalam dunia industri, serta teknik-teknik yang digunakan untuk melakukan etnografi, Dimana peserta dilatih sedemikian sehingga mampu merubah suatu data yang didapat dari hasil pengamatan menjadi suatu disain sebuah produk yang sesuai dengan etnografi.

Selamat untuk para panitia tahun ini yang sudah sukses menyelenggarakan acara 3 hari – hari pertama seminar hari kedua riset lapangan dan hari ketiga presentasi hasil ethnography. Sayang tidak bisa ikutan sampai kelar acara. Saya dengar dari Dilla, panitia yang sekaligus contact person saya, bahwa acara fieldwork/presentasi berlangsung seru, dan klien/sponsor juga happy karena banyak dapat masukan.

 

Senang bisa sharing ilmu etnografi marketing di teman-teman mahasiswa – antusiasmenya yang tinggi memberikan keyakinan bahwa memang ilmu yang sedang saya tekuni dengan passion luar biasa ini,  Insya Allah memang banyak manfaatnya bagi kalangan luas. Saya kira acara mahasiswa yang diselenggarakan dengan partisipasi dari industri ini patut diacungi jempol. Memang sudah seharusnya demikian. jadi tidak jalan sendiri-sendiri. Industrinya sibuk riset sendiri, sedangkan mahasiswa/akademisi nya juga sibuk sendiri. Bertemu dalam acara publik seperti ini antara akademisi dengan industri akan menjadi pembuka pintu untuk kedua belah pihak.

 

Kali ini  sempat makan malam dan ngobrol banyak dengan pembicara lainnya – Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra (pakar anthropology) dan Pak Ir. Alva E. Tontowi, M.Sc., Ph.D (pakar product design), keduanya dosen senior di UGM. Tahun lalu, hanya sempat ngobrol sebentar saja. Kirain Pak Heddy orangnya serius banget (Professor sih Pak, jadi langsung kesannya angker). Taunya sangat asiikk ngobrol dengan Pak Heddy.

Kalau Pak Alva tahun lalu saya udah lumayan ngobrol jadi udah dapat bayangan. Walaupun pakar, tetapi orangnya accessible sekali, dekat dengan mahasiswa dan memang seru lah orangnya. Bentar lagi dapat gelar professor ya Pak Alva, semoga lancar prosesnya. Tapi janji jangan kemudian jadi ‘serius’..

Pak Kris wakil dari Epson (Human Resources) juga hadir di sana, ternyata istri beliau itu orang Malang. Arema dong Pak. Memang dunia sempit deh. Sampai ketemu lagi di Jakarta.

Sekali lagi selamat ya untuk teman-teman panitia EDW, salam sukses selalu dan salut untuk usahanya memperkenalkan etnografi ke teman-teman mahasiswa dari universitas lainnya dengan acara workshop akbar seperti ini.

3 Comments on "Ethnography Design Workshop 2009"

  1. nastiti says:

    Wah.. Ibu Amalia, salam kenal.. Saya Antropolog adik kelasnya Mas Heddy yang 10 tahun terakhir bekerja di Marketing Research, dan ternyata kita mengembangkan ilmu yang sama Bu, dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari, Ethnography on Marketing.. Kapan-kapan kita bisa sharing…

  2. Amalia E. Maulana says:

    Thanks atas emailnya Mbak Nastiti…boleh dong kapan nih kita bisa sharing. Mau lewat email japri dulu juga boleh. Ditunggu Mbak.

  3. yuyun says:

    bu amalia is the great