-->
 

Nescafe = Kopi tubruk?

Nescafe is Instant Coffee

Instant Coffee is Nescafe

Sekuat inilah brand equity Nescafe sebagai sebuah produk kopi, di Indonesia.

————————————————————————————-

Makanya saya bingung.. Lho koq ada Nescafe Kopi tubruk? Gak salah nih, Nescafe is not kopi tubruk. Haiyya…. Alamaakk.. sayang ya Kekuatannya Nescafe as THE INSTANT COFFEE didegrade dengan cara ini.

Dari segi brand strategi, dengan masuknya Nescafe Kopi Susu Tubruk, berarti strategi nya adalah Brand Extension – karena sudah pindah kategori, dari instant coffee ke kopi tubruk. Memang tidak ada salahnya untuk masuk kategori lain as long as tidak mengganggu brand utamanya.

Awalnya dengan melengkapi jajaran Nescafe dengan Coffeemix yaitu Orginale 3 in 1, Coffeemix PAS, dan Creme 3 in 1 (lihat foto) – ya boleh-boleh aja deh, kan namanya juga memperbesar shelfing display, menambah market share, dll. Apalagi Nescafe sudah OK banget sebagai instant coffee, jadi kalau keinstant an nya ditambah, yaitu dengan tambahan susu/creamer+gula secara instant, ya make sense.  (Cuman, comment dikit, sebagai penggemar Nescafe, saya rada bingung dengan beda dari ketiga varian ini..kayanya beda-beda tipis rasanya).

Strategi yang satu ini namanya Line extension — karena masih dalam kategori yang sama yaitu Dari Nescafe original sebagai kopi instant ke Coffeemix , jadi stretching sih masih OK-OK aja, bahkan ada lagi tuh, Moccachino segala. Fine fne aja.

Cuman, yang brand extension ke kopi susu tubruk aja yang membuat tanda tanya saya ??? Kayanya Ini keputusannya lebih ke pertimbangan Sales (mengambil sebagian sales dari pasar kopi tubruk yang super besar). Ini jelas mengorbankan kepentingan maintenance brand equity Nescafe dalam jangka panjangnya.  Be very careful, Brand Leader…

4 Comments on "Nescafe = Kopi tubruk?"

  1. nova says:

    bu Amalia saya mau tanya saya lagi trial coffe 3 in 1 saya punya coffee ekstrak. saya coba larutkan dengan non dairy creamer, malah creamernya tidak larut, saya tambah emulsifier dan stabiliser tetap creamernya tidak larut tapi strukturnya melayang-layang.
    tapi saya larutkan ke air creamernya larut,trus saya coba ganti cofee lain ternyata larut sempurna. yang ingin saya tanyakan kopa saya dalam bentuk ekstrak, bagaimana biar bisa larut sempurna dengan cremer tsb. trus bagaimana sya bisa membuat kopi ekstrak tersebut menjadi kopi instan dengan penambahan bahan apa ya bu..

    trima kasih
    Nova

  2. Amalia E. Maulana says:

    Wah, ini pertanyaan untuk teman-teman S1 saya di food technology deh.. coba ya Nova, saya akan refer ke teman2 di milis S1 nanti kalau udah ada jawabannya saya akan sampaikan ke Nova.
    Saya udah lammaaaa banget nggak belajar lagi bahan-bahan additive, sifat2 larutan dll. Hmm jadi ingat masa-masa S1 nih. Disaat belajar kimia, melakukan percobaan di lab..sekarang alam saya udah beda banget.
    Tunggu ya Nov.

  3. dicha irnanda says:

    ibu amalia saya mau tanya..

    kebetulan ada tugas Perencanaan media Iklan nah productnya Nescafe.
    saya masih bingung dengan kampanye 360 derajat dan advertising mix.

    apalagi dengan product nescafe yang target marketnya sangat luas.

    treima kasih

    dicha

  4. Amalia E. Maulana says:

    Dear Dicha,

    Maaf baru balas, mudah2an masih ada gunanya, nih.
    Sebenarnya kalau mau mengerjakan scope Nescafe sebagai single brand jadi akan sulit sekali, karena variasi dari produk2nya. Apalagi sekarang, dimana Nescafe sudah melakukan brand proliferation dari yang formatnya beda, rasanya beda, sampai target audiencenya pun beda.

    Sebaiknya untuk tugas, pick one scope dulu, dan dari sana baru didisainkan. Apakah perlu 360 derajat atau IMC yang menyeluruh atau tidak, sebenarnya tergantung objective dari komunikasinya dan juga tergantung dari berapa budget yang dimilikinya.

    Salam

    Amalia