-->
 

Inkindo event – Value Reconstruction Blue Ocean Strategy

Hari ini bicara di depan para konsultan yang tergabung dalam INKINDO, DKI, dalam forum mereka (Knowledge Management Forum), di Hotel Bidakara Jakarta. Topik yang diminta dibawakan adalah Blue Ocean Strategy (BOS). Masih seru aja nih kalau bicara BOS, padahal udah bukan hal baru lagi, apalagi kalau dikaitkan dengen consumer insights dan ethnography.. jadi makin banyak pertanyaannya. Ngalor ngidul..

Dalam buku BOS memang lebih banyak diangkat kasus2 consumer goods and services, sedangkan untuk contoh2 B2B apalagi dalam konteks professional services (seperti bisnis konsultan) masih jarang, kalau mau dibilang tidak ada.

Sebenarnya sama aja sih prinsip dasarnya. Kalau dalam consumer goods, kita lebih fokus ke 1 aja yaitu konsumennya (yang meng-consume), tetapi dalam B2B kan yang jadi aktor bisa beberapa, makanya kita sebut stakeholders. Karena inti dari bisnis adalah managing customer value, dalam B2B juga perlu tau siapa saja yang berperan dalam menentukan pembelian dan apa saja value2 tersebut.

Kalau tentang rekonstruksi nilai ini sebenarnya aku udah pernah tulis dalam tulisan yang rada panjang (2 halaman majalah), di majalah SWA tahun lalu, ditulis di website ini juga sih http://amaliamaulana.com/2008/05/21/rekonstruksi-nilai-dan-reverse-positioning-2/

Aduh mak, ini dia baru pertama kali, seminar langung dikasih Pe Er ama peserta (Pak Dedy), diminta buat tulisan tentang aplikasi BOS dalam dunia konsultan, terutama dalam dunia konsultan yang project ownernya BUMN atau government. Lha wong yang satu itu memang super kompleks n rumit hehe.. sebab selain customer value juga ada faktor2 invisible hands nya itu lho.. yang sulit dijabarkan dalam tulisan.

Ada yang tanya, kalo strategi tender dengan menggunakan uang pelicin itu masuk BOS bukan? (Pak Amiruddin), saya bilang sih tergantung, masuk mana uang pelicin disini. Kalo semua peserta tender sudah menggunakan cara-cara tersebut dan client/project ownernya memang masih uang pelicin oriented banget, ya dimana letak keunikan ‘strategi’ ini. Sedangkan dalam BOS, yang perlu dieksplore dan dicari (sebaiknya lewat ethnography) adalah bagaimana kita bisa memperoleh value2 baru yang sementara ini belum digunakan oleh pesaing, dan rekonstruk the whole package dari nilai tersebut. Bisa jadi, uang pelicin itu sudah gak asik dan gak maen lagi lho.. kalo kita nggak pernah cek, recek, cross cek and double cek, ya tetep aja berasumsi setiap tender harus ada uang pelicin nya. Padahal kalo ternyata project ownernya udah tidak memandang itu lagi, menurut rumusnya BOS, ya buang aja sekalian, ganti dengan value baru yang lebih siip dan relevan.

Sebelum ditutup, MCnya (Mbak Erna) juga malah dibumbuin sekalian, tulisan saya ditunggu bahkan sudah disediakan kapling di majalahnya Inkindo. Hehe.. makin makin aja nih pressurenya.

Ya, mudah2an nanti ada kesempatan nulisnya. Kalau masalah tulisan, aku masih ada hutang tulisan di tempat lain sih. Jadi jangan ditungguin lho Mbak Erna dan Pak Dedi.

Thanks Pak Mukhlis (EMYE), Pak Bambang dan Pak Erie atas undangannya bicara di forum ini, network saya jadi bertambah luas, keep in touch ya! Pak Gunawan Aji, ditunggu account di Facebook (judulnya: tebar pesona facebook). Pak Medrial, ditunggu foto2nya karena mau diposting disini.

 

 

2 Comments on "Inkindo event – Value Reconstruction Blue Ocean Strategy"

  1. ernawati says:

    Assalamu’alakum Bu Amalia

    Kami atas nama Panitia Pelaksana maupun DPP INKINDO DKI Jakarta berterima kasih atas atensi dan bantuan Ibu atas terselenggaranya acara KMF ke 3…kami sangat berharap kedepan Ibu masih berkenan membantu Program INKINDO dan tentunya apabila ada anggota yang berkeinginan konsutlasi dengan Ibu…Ibu dapat meluangkan waktu…

    Oh ya Bu…sesuai permintaan Ibu…InsyaAllah foto- foto rekaman acara KMF 3 di Bidakara…segera kami kirim ke alamat email bu…semoga tidak mengecewakan.

    Terus terang sebagai sebagai wanita ..saya sangat kagum dengan performa Ibu yang sangat smart….
    Sukses dan sehat selalu untuk Ibu dan keluarga…

    Wassalam

    Erna

  2. Amalia E. Maulana says:

    Wa’alaikum salam Mbak Erna,

    Makasih atas komen n apresiasinya. Alhamdulillah kalau hari itu bisa memberikan pencerahan kepada hadirin.
    Foto2nya juga sudah saya terima, nanti saya upload disini.