-->
 

Eksistensi di Dunia Maya

Ini oleh-oleh hadir di Seminarnya Pak Nukman Luthfie – Sharpening Your Online Strategy, Learning from Indonesian Cases dalam acara seminar kemarin 23 jul di Intercontinental Hotel.

In a nutshell, peserta menjadi lebih diyakinkan pentingnya eksistensi di dunia maya. Termasuk saya sendiri yang nge-blog juga baru-baru aja, belum punya facebook pula. Ini Pe Er pertama saya sepulang dari seminar. Punya Facebook. Kalau friendster udah dari dulu ada, tapi gak pernah diupdate lagi sejak kapan tuh..

Seru! Inspiratif! Pencerahan banget, banyak ilmu, pengalaman dan data yang dishare oleh Pak Nukman kemarin. Pak Nukman mendisain seminarnya cukup menarik, karena di awal peserta dikenalkan dan di’sadar’kan dulu oleh betapa pentingnya eksistensi di dunia maya dan memberikan perspektif baru dalam strategi marketing yang menggunakan media online. Karena repotnya banyak orang yang terjun di dunia online tetapi masih menggunakan mindset lama, yaitu paradigma offline. Setelah itu baru disajikan pengalaman langsung project2 yang dikelola oleh Virtual sendiri maupun oleh sister companynya, Virus Comm.

Sesi guest speaker yang pertama adalah Ibu Mariana Marketing Directornya Hewlett Packard (hp) dibantu oleh agencynya Mbak Iim Fahima, Virus Communication, dan yang kedua adalah Pak Rizal dari Toyota Astra Motor, didampingi Pak Nukman sendiri.

Dua praktisi tersebut menjelaskan dua kasus yang berbeda. Yang pertama kasus hp adalah online campaign yang didisain untuk menjaring penjualan. Sedangkan online campaign dari Toyota Astra Motor lebih untuk brand image building. Online campaign memang bisa digunakan untuk tujuan komunikasi yang berbeda dan so flexible sehingga untuk beberapa tujuan pun bisa juga, misalnya selain untuk langsung menghasilkan penjualan, hp juga berhasil mendapatkan objective lainnya yaitu mendapatkan insights dari pemakai siapa tau selama ini ada keberatan2 yang belum pernah didengar langsung. Juga sekaligus peroleh database dari SME companies yang ditargetkan. Memang asikk sih kalo dengar pengalaman langsung dari praktek seperti ini, membuat kita jadi lebih confident bahwa sebuah campaign jika dibuat berdasarkan tujuan komunikasinya, semuanya bisa diukur. keberhasilannya bisa dijelaskan. Yang lebih oke lagi adalah, bisa diadjust campaignnya sesuai dengan berjalannya waktu, karena learning by doing nya sangat terasa. Coba kalau campaignnya offline, mana mungkin lah. Mau ganti TVC, biaya lagi, mau ganti print ad, biaya juga. Sedangkan di online, flexibility ini yang membuat hasil yang ingin dicapai menjadi lebih dimungkinkan.

Untuk campaign nya Toyota sendiri, yang diangkat adalah campaign Toyota Rush dan Toyota Altis. Keduanya lebih mengarah pada image building, jadi selain awareness juga mengenal dengan lebih ‘benar’ produk-produk baru mereka. Dinner with blogger yang jadi salah satu activity nya Toyota Altis, pasti udah pada baca di banyak media, itu juga salah satu usaha untuk mendapatkan review melalui pihak yang lebih kredibel (blogger dikenal sebagai apa adanya nggak berbau promosi).

Ok, sampai disini dulu, saya harus mengerjakan Pe Er nih, yaitu bikin account di Facebook. Sudah saya hayati pesan Pak Nukman, harus eksis di dunia maya. Siapa tau tahun depan bisa menggeser posisi Pak Nukman di sepuluh besar blogger Indonesia? hehe… gak lah, kayanya saya nggak bakalan sempat untuk blogging sepanjang waktu, jadi itu target yang termasuk hil yang mustahal.. paling tidak nggak ketinggalan jaman aja udah cukup deh.

26 Comments on "Eksistensi di Dunia Maya"

  1. meisia says:

    wahh menyenangkan sekali membaca blog bu Amalia, yang ditulis dengan gaya tulisan yang jauh berbeda dengan ketika beliau menulis kolom. Di sini lebih santai dan fun tetapi isinya tetap berbobot. Salut! Saya yakin blog ini akan jadi salah satu blog kondang.

  2. Ditunggu Bu account Facebooknya, nanti kita bisa saling tag foto, terus saling komen foto. Kayaknya sekarang ini lagi banyak digemari hehehe. Facebook juga banyak lho digunakan perusahaan untuk menjadi para penggemar setia produknya, misalnya fans of Burger King, Fans of Batman: Dark Night, bahkan sampe Visit Indonesian Year. Dan gak nanggung-nanggung membernya bisa sampe angka ratusan ribu…

  3. ndoro kakung says:

    menggeser nukman di top ten? kenapa tidak? tapi sebenarnya ranking itu memang perlu ya?

  4. aLe says:

    Weleh,
    ‘kadung’ seneng aLe pas Jeng Amalia berniat geser posisi oM NL :D lha kok malah bilang hil yang mustahal :lol:

    Tetap semangat aja dah ;)

  5. Amalia E. Maulana says:

    Thanks Meisia mudah2an bisa terus bersemangat bloggin’ seperti teman2 Virtualers lainnya.

    Kalau blognya udah santai, kayanya jangan pake istilah ‘beliau’ or ‘Bu’ lagi donk…jadi gak santai deh. Biar tetap dibilang muda, sebutnya ‘mbak’ aja ya. Dan jangan beliau-beliau an lagi. Beliau lagi pergi.

  6. Amalia E. Maulana says:

    Iya nih, tunggu ya tanggal mainnya Facebook ku, nanti Tuhu langsung aku link begitu udah jadi account Facebooknya.

  7. Hello, meet you again here… (you know me…)

    Keep exist here, thanks.

    “Andy OrangeMood is Online Advertising & Business Consultant”

  8. Ivan says:

    Salam kenal juga, baru dilempar dr blog pak Nukman nih :)

    -Ivan

  9. Kalau bisa, minimal seminggu sekali update postingan di blog ini bu. Isinya inspiring soalnya. Bagus.

    Hasil branding Nukman kalau sudah kelar, kan bisa juga dong di-share disini atau di blohnya Pak Nukman? Saya ikut ngisi surveinya juga.

    Yodhia Antariksa

  10. Iim Fahima says:

    Kalo ngga Bu, trus manggilnya apa dong? Mbak, ato jeung? =)
    Ditunggu eksistensinya di Facebook!

  11. Kena deh !! mbak amalia kena juga virus social network nih ! & virus branding, semoga semakin cepat menggeser ohm nukman ya hehehe. salam dari Kota mendoan visit http://if.fst.unsoed.ac.id
    NH

  12. srimarlina says:

    wah add ibu amalia aaahh di facebook –> segera menuju TKP :D

  13. meisia says:

    Hahahaha betul mbak Lia… sorry lupa, padahal biasanya juga manggil mbak. :)

    -mei

  14. Bu Amalia.. it was a nice moment, ketemu dan ngobrol (sedikit..) di seminar Pak Nukman. Tulisannya selalu ditunggu Bu… belajar langsung dari pakarnya, tanpa perlu ikut kuliahnya di Binus..asyik kan…

  15. ginanjar says:

    alo bu amalia…. salam kenal… sama dengan ivan, saya terdampar disini dari blognya pak Nukman.. sukses selalu

  16. Kesadaran akan eksistensi dunia maya perlu dibuka terkait dengan bisnis online. Thanks untuk sharing hasil seminarnya.

  17. catur pw says:

    Tentang eksistensi di dunia maya, William Arruda and Kirsten Dixson, pengarang buku “Career Distinction: Stand Out by Building Your Brand” membuat suatu aplikasi ringan “Online ID Calculator” yg cukup menarik untuk mengukur eksistensi personal brand anda di dunia maya. Boleh tuh untuk dicoba.

    ps: mba Amalia, mana akun facebooknya? mo di add nih :)

  18. Amalia E. Maulana says:

    Halo Catur, Online ID Calculatornya ada di mana nih, apakah ada di blog Catur? Boljug tuh, mau dong.

    Akun facebook? nanti aku invite deh, udah ada seminggu ini.

  19. affandi says:

    pertama membuka blognya bu amalia. selamat bu. selanjutnya diharapkan muncul tulisan dari ibu, semoga dapat pencerahan. kata orang “berbagi”. saya sendiri yang bagian membaca.

  20. topik yang sangat menarik untuk dibaca.

  21. gia josie says:

    Ibu Amalia, kenapa tidak “nyemplung” sekalian ke dunia maya, sepertinya kondisi Agency semakin tercekik oleh biaya Media yang sangat mahal, dan semakin banyak freelance “Agency”, PHK dimana-mana, perusahaan besar tumbang satu persatu dan banyak perusahaan berusaha bertahan dengan cara ber”merger” ria.

    Dan terlihat akhir-akhir ini perusahaan2 yang Ibu Amalia kemukakan sepertinya sudah mulai memainkan strateginya di dunia virtual ini. So, keep writing this blog with your great analysis.

  22. Amalia E. Maulana says:

    Mudah2an di tahun 2009 nanti saya punya waktu dan energi lebih untuk itu, Gia. Sekarang masih belum bisa bagi waktu dengan baik.
    Thanks for your confidence in me.

  23. Agnes says:

    Wow…
    makasih mbak atas infonya.
    mudah2an dapat menyemangati sya dalam mebuat bLog tentang dunia maya. Mohon kunjungannya di ‘anschayo.blogspot.com’ Kamsyiah.

  24. Agnes says:

    Thanx Mbak,
    moga infonya berguna.
    Mohon kunjungannya di ‘anschayo.blogspot.com’. Thanks

Trackbacks for this post

  1. VIRTUAL » Internet Business, Strategy & Marketing Indonesia » Seminar Sharpening Your Online Strategy — Sebuah Catatan Ringan